Contoh Soal UN Tahun 2015 | SMA PLUS AL-FALAH JATINANGOR
Headlines News :
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » , » Contoh Soal UN Tahun 2015

Contoh Soal UN Tahun 2015

Berikut ini saya akan membagikan contoh soal prediksi UN Matematika SMA untuk program IPA, IPS, dan Bahasa tahun 2015 yang dapat anda gunakan untuk latihan dalam menghadapi Ujian Nasional besok.

Contoh soal prediksi UN Matematika SMA IPA, IPS dan bahasa 2015 ini disusun sedemikian rupa sehingga sesuai dengan indikator kisi-kisi SKL UN 2015 yang telah dikeluarkan BSNP akhir tahun kemarin. Soal yang dibagikan ini adalah soal prediksi yang disusun semirip mungkin dengan indikator kisi-kisi UN 2015 sehingga dapat dijadikan referensi untuk menebak soal seperti apa yang mungkin keluar nanti saat Ujian Nasional 2015.

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pada ujian nasional tahun 2015 ini pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan berencana menggelar ujian nasional menggunakan dua sistem yakni ujian tulis seperti tahun kemarin dan ujian online untuk beberapa sekolah yang telah ditunjuk dan siap.
Menurut sumber dari BNSP bahwa soal ujian nasional tahun 2015 ini komposisinya terdiri atas soal mudah, sedang, dan sulit termasuk pula soal yang mengukur higher order thinkingdari peserta UN serta soal yang kontekstual dengan budaya, sosio-antropologis, dan lingkungan.
Sumber itu juga mengatakan bahwa bentuk soal UN tahun 2015 ini adalah pilihan ganda. Jika di media massa sempat beredar kabar bahwa soal UN berbentuk esai, itu tidak benar. Kalau untuk UN 2016 itu wacananya.

Kalau mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi maka bentuk soal pilihan ganda merupakan pilihan yang tepat untuk jenis ujian yang bersifat luas dan besar seperti UN dimana hasilnya harus diumumkan paling lambat satu bulan setelah pelaksanaan UN. Jika soal dalam bentuk essay maka dikhawatirkan proses koreksi tidak akan selesai tepat waktu. Tetapi, dengan pertimbangan untuk peningkatan mutu pelaksanaan UN kedepan, memang ada wacana untuk menggunakan soal UN dalam bentuk esai, selain pilihan ganda.
Akan tetapi, semua itu baru pendapat dan berita secara lisan. Pernyataan soal UN 2015 tak lagi menggunakan pilihan ganda ini masih simpang siur. Untuk kepastiannya maka kita tunggu POS Ujian Nasional 2015 atau POS UN 2015 yang rencananya dalam minggu ini akan dipublikasikan oleh pemerintah / BNSP.
Adapun untuk pelaksanaan UN tahun 2015 ini, menurut kepala puspendik kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia, Bapak Prof. Nizam, selain menggunakan bentuk pilihan ganda untuk jawaban UN, pada tahun ini Kemendikbud juga akan mengujicobakan program UN berbasis komputer di ratusan sekolah yang tersebar di Indonesia. Program UN berbasis komputer ini dilaksanakan dengan menuliskan langsung jawabannya seperti halnya ujian CPNS yang menggunakan CAT. Istilah yang sering dipopulerkan adalah Computer Based Test (CBT). Untuk UN tahun 2015 ini terdapat sekitar 500 sekolah yang akan menjadi sekolah uji coba / pilot project program UN berbasis komputer ini.
Kelihatannya rumit ya... :D
Mungkin, satu-satunya kabar yang menggembirakan dan agak menenangkan adalah pernyataan dari menteri pendidikan kita, Bapak Anies Baswedan bahwa untuk ujian nasional ( UN ) tahun 2015 ini tidak akan lagi digunakan sebagai syarat utama penentu kelulusan. Nantinya kelulusan peserta didik ditentukan oleh sekolah masing-masing dengan kriteria yang telah disepakati di sekolah yang bersangkutan. Adapun untuk hasil UN tahun 2015 kali ini hanya akan digunakan sebagai pemetaan saja. Sedangkan penggunaan hasil UN untuk bahan saringan masuk ke perguruan tinggi masih dalam tahap wacana dan pembahasan.
Tetapi, apapun yang terjadi, bagaimanapun nanti peraturannya, yang pasti sebagai siswa yang perlu anda lakukan hanyalah belajar semaksimal mungkin agar nantinya hasil UN anda akan sesuai dengan yang diharapkan. Selain tetap berdoa dan meminta restu dari bapak ibu, berlatih soal UN sebanyak dan sesering mungkin akan mendekatkan anda pada kesuksesan. Untuk itu, sebagai alat bantu mengecek dan mengetes kemampuan anda, berikut ini saya uploadkan contoh soal dan prediksi soal UN matematika SMA tahun 2015. Silahkan diunduh melalui link di bawah ini:
Share this article :

0 komentar:

Apa yang anda pikirkan

Kami tunggu kritik dan saran dari anda... !

Mobil

UPDATE

Mobil

 
Support : Bale-bale Palupuh | Abahvsan Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. SMA PLUS AL-FALAH JATINANGOR - All Rights Reserved
Template Design by Abahvsan Published by Creating Website